WELCOME TO BLOG AMMAR44................

Blogger Tricks

Rabu, 24 Agustus 2011

AS Ancam Mesir Jika Berani Musuhi Israel

Anggota Kongres AS, Kay Granger mengancam bahwa jika Mesir menarik diri dari perjanjian damai dengan rezim Zionis Israel, maka Washington akan memangkas bantuan tahunan senilai 2
miliar dolar untuk Kairo.
"Bantuan Amerika Serikat untuk Mesir didasarkan pada perjanjian perdamaian antara Mesir dan Israel, sehingga hubungan antara Kairo dan Tel Aviv sangat penting," kata Granger dalam wawancara dengan Jerusalem Post pada Senin (22/8), kemarin.
Pernyataan itu datang di saat meningkatnya ketegangan antara Kairo dan Tel Aviv setelah pasukan Israel membunuh lima penjaga perbatasan Mesir pada Kamis di perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza.
Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak pada Sabtu mengatakan, Israel sangat menyesalkan kematian para perwira Mesir. Pernyataan itu dikeluarkan beberapa saat setelah Mesir mengumumkan penarikan duta besarnya dari Tel Aviv.
Mesir merupakan negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel pada 1979, namun situasi Mesir telah berubah drastis sejak penggulingan diktator Hosni Mubarak pada Februari lalu.
Selain itu, sejumlah partai politik Mesir telah menyerukan perubahan dalam perjanjian tersebut. Bantuan tahunan AS telah diberikan kepada Mesir sejak Kairo-Tel Aviv menandatangani perjanjian perdamaian.
Granger juga memperingatkan bahwa Washington akan memotong dana bantuan sebesar 500 juta dolar, yang dialokasikan kepada Otoritas Palestina jika mereka berusaha mencari pengakuan PBB untuk sebuah negara merdeka.
Granger merupakan anggota parlemen perempuan di komite urusan luar negeri yang khusus menangani pengucuran dana bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar